Tuesday 31 March 2015

Eksplore Gresik : Perjalanan Menuju Pulau Bawean


Pulau Bawean, ternyata teman - temanku banyak yang belum tahu ada sebuah pulau sangat indah di Jawa Timur bernama Pulau Bawean. Ya Pulau Bawean yang secara administrasi pemerintahan masuk ke wilayah kabupaten Gresik ini  memiliki 2 kecamatan yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Laut jawa berjarak kurang lebih 120KM arah utara dari pelabuhan Gresik. 

Letak Pulau Bawean


Perjalanan berlibur ini sudah pernah aku rencanakan pada liburan tahun 2013 IMIKI Wilayah IV namun tidak pernah terealisasi hingga dua tahun kemudian aku terdampar di kabupaten Gresik karena mendapat pekerjaan dikota semen ini. Langsung lah aku blusukan dunia maya mencari destinasi menarik yang wajib aku kunjungi selama tinggal di kota ini. Beruntung banget saat baca postingan anak Kaskus Regional Gresik yang merencanakan jalan bareng ke Bawean pada long weekend. 

Dan akhirnya dimulailah perjalan kita pada Jum'at 20 Maret 2015 dengan kapal Giliiyang. Kapal yang kami tumpangi itu berangkat dari pelabuhan gresik pukul 21.00 WIB dari Pelabuhan Gresik. Namun pada pukul 20:00 WIB penumpang sudah mulai diinstruksikan untuk naik ke kapal dan mencari posisi yang nyaman menurut selera masing - masing. Rombongan kami langsung menaiki dek kapal yang paling atas, menempati satu meja permanen yang dikelilingi kursi yang juga permanen kami menaruh barang bawaan yang tidak seberapa, hanya sebuah ransel masing - masing dan satu kantong plastik berisi jajanan sebagai persediaan karena kapal akan berlayar kurang lebih selama 8 jam dan baru tiba keesokan hari di pulau bawean.
suasana kabin paling atas kapal Giliiyang, seperti warung angkringan ya?

Setelah berkenalan dan berbincang tentang rencana perjalanan, aku memutuskan pamit  untur tidur di dek bawah yang memiliki tempat tidur umum yang disekat - sekat.  Kapal telah berlayar lebih dari dua jam lamanya, penunjuk jam handphone sudah menunjuk pukul 23:00 wajar ngantukku sudah tidak bisa ditahan. Hari ini aku berangkat kerja sangat pagi, selepas jum'at an ada rapat koordinasi yang harus kuikuti hingga menjelang magrib. Sempat tergesa pulang kekost  karena aku belum mempersiapkan barang bawaanku sebelumnya, bahkan baju apa yang akan kukenakan tak sempat terpikirkan. Kecerobohan yang terus saja berulang meski aku selalu menyesal dan berjanji kediriku sendiri untuk sedikit disiplin terhadap waktu.

tiket kapal Giliiyang

Hampir saja terlewat, Harga tiket kapal yang naiki ini tertera Rp. 69.000,- namun aku harus membayar hampir 75ribu karena ada tambahan biaya asuransi. Entahlah, karena aku yang paling terakhir datang, temanku yang datang duluan ke pelabuhan membelikan tiket untukku. jadi aku tak sempat intervies ke penjual tiketnya mengenai tarif dan jadwal keberangkatakan kapal. Sebagai referensi, ijinkan saya mengutip dari sini agar membantu teman - teman lain juga yang ingin berwisata ke Pulau Bawean. Berikut jadwal dan tarif kapal Gresik - Bawean dan sebaliknya :

1. Bahari Ekspress 1C
Gresik – Bawean: Selasa, Kamis, Minggu
Bawean – Gresik: Sabtu, Senin, Rabu
Kapal berangkat pukul 09:00
Lama perjalanan 3-4 jam
Harga Tiket:
– Ekonomi: Rp. 132.500,00
– Eksekutif: Rp. 146.500,00
– VIP: Rp. 162.500,00

2. Gili Iyang
Gresik – Bawean: Jumat pukul 21:00
Paciran – Bawean: Rabu pukul 21:00
Bawean – Gresik: Jumat pukul 09:00
Bawean – Paciran: Minggu pukul 09:00
Lama perjalanan antara 8-10 jam.
Penumpang bisa membawa kendaraan R4 (via Pelabuhan Paciran), dan R2 (via Pelabuhan Gresik dan Paciran)
Harga Tiket:
– Dewasa: Rp. 76.000,00
– Anak-anak: Rp. 59.000,00
– 1 penumpang + Motor: Rp. 95.000,00

3. Natuna Ekspres
Gresik – Bawean: Senin, Rabu, Sabtu
Bawean – Gresik: Selasa, Kamis, Minggu
Kapal berangkat tiap pukul 09:00. Lama perjalanan 3-4 jam.
Harga Tiket:
– Eksekutif: Rp. 146.500,00
– VIP: Rp. 162.500,00


Tiket bisa dibeli langsung di dermaga pelabuhan serta outlet - outlet penjualan tiket yang berada dekat pelabuhan Gresik maupun Pelabuhan Bawean.

Pukul 03:00 WIB aku terbangun  dan kembali ke dek atas kapal menemui teman - temanku, namun mereka semuanya sedang berpetualang dalam tidur lelapnya. Ada yang tidur di kursi, ada juga yang menggelar sleeping bag agar lebih nyaman tidurnya. Aku sendiri memutuskan duduk bagian belakang dek terbuka, menikmati hempasan angin yang dingin dan semburat jingga langit yang perlahan menggantikian pekat malam. Untung saja ini bukan musim hujan dan ombak sedang tenang, meski demikian kapal Giliiyang melaju stabil lambat membelah laut  jawa meninggalkan jejak seperti asap yang tertinggal kemudian hilang. Ini perjalanan terlamaku naik kapal tapi sangat menyenangkan. Pukul 05:00 teman - temanku sudah bangun dan bergabung denganku di dek belakang kembali bercengkara tentang pengalaman tidur semalaman diatas kapal. tak lupa tentunya kemudian bersama - sama foto wefie untuk dokumentasi. Begitupula penumpang lainnya sudah mulai terbangun dan fokus dengan kesibukannya masing.

Menikmati fajar di dek terbuka kapal Giliiyang


 
"Lama sekali perjalanan kapal ini" Gerutuku dalam hati. Dengan perkiraan waktu  perjalanan hanya 8 jam  dan pukul 5 petang kapal sudah bersandar, namun kenyataannya tak demikian. Sekitar pukul 07:00 WIB kapal meniupkan peluit panjangnya tanda kapal telah sampai di pelabuhan Bawean. Turun dari kapal kita sudah dijemput oleh mas  Han yang bisa dibilang dengan bahasa keren adalah tour guide. Kita menuju kerumahnya yang berada di Dusun Daun Laut, Desa Daun, Kecamatan Sangkapura yang merupakan homestay kita selama disana.

Homestay selama di Bawean

Setelah istirahat sejenak dan sarapan, Agenda hari ini adalah hopping island, jadi terus simak tulisan saya selanjutnya ya betapa serunya mengelilingi lautan bawean



Eksplore Bawean Bagian 1 klik disini
Eksplore Bawean Bagian 2 klik disini
Eksplore Bawean Bagian 3 klik disini
Eksplore Bawean Bagian 4 klik disini
Eksplore Bawean Bagian 5 klik disini

18 comments:

  1. Mantap... juoss... keren fe... :2thumbup

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. terimakasih sudah meninggalkan jejak
      selamat berwisata

      Delete
  3. Kak.. mohon info nya..
    untuk loket beli ticket kapal gili iyang di pelabuhan gresik, buka nya jam brapa??
    karena saya akan pergi kesana jum'at esok tanggal 20. mohon informasinya. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh maaf saya telat baca sist, biasanya beberapa jam sebelum kapal berlyar baru buka loketnya

      Delete
  4. punya kontak buat nanya penyeberang kapal ke bawean gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak punya. waktu itu beli on the spot di pelabuhan gresik

      Delete
  5. Kak tanya dong, kan itu berangkat jumat mlm trs baliknya naik kapl yang apa

    ReplyDelete
  6. kak untuk kontak homestay nya boleh share kah? terimakasih

    ReplyDelete