Tuesday 28 April 2015

Opera Van Police, Cara Kreatif Polisi Gresik Bersosialisasi


Opera Van Police tampil dalam acara peluncuran Program Jawa Timur Peduli Keselamatan (Jatim Peka) Polda Jatim di GOR Brawijaya Surabaya


Meski tertunda sekian lama, akhirnya saya memang harus memenuhi janji saya untuk diri sendiri dan follower instagram saya untuk menuliskan tentang ini. (berasa selebgram :D)

Opera Van Police, jika membaca kalimat ini banyak yang berpikir tentang sebuah acara komedi yang sempat menjadi populer program beberapa tahun di salah satu tv swasta. Yup betul, Opera Van Java. Bukan hanya namanya namun esensi OVP dan OPJ juga hampir sama. Menurut penggagasnya yaitu Happy Saputra, S.kom yang saat itu menjadi Kanit Regident Satlantas Polres Gresik, Opera Van Police memang grup bentukannya yang terinspirasi dari acara OVJ. 

Bernaung di kesatuan lalu lintas yang bersinggungan langsung dengan masyarakat, tentu harus banyak inovasi yang dicetuskan. OVP ini salah satu jalur yang dimanfaatkan oleh AKP Happy Saputra untuk mensosialisasikan program tentang berlalu lintas untuk mengutamakan keselamatan dengan packaging yang   segar. Ditengah derasnya kritik publik terhadap lembaga kepolisian, OVP hadir dengan harapan mampu memberi pandangan berbeda tentang citra kepolisian. Polisi tak melulu soal tegas atau yang lebih parah arogan, namun juga memiliki nilai humoris dan humanis.





Seluruh pemain, personil dan tim kreatif dari Opera van Police ini adalah anggota Satlantas Polres Gresik. Sejak terbentuk di Tahun 2012, sudah seringkali OVP tampil di acara - acara kepolisian baik tingkat polres, Polda Jatim dan juga acara di Mabes Polri yang disaksikan langsung oleh petinggi dan Presiden RI. beberapa kali juga tampil di acara populer televisi nasional swasta seperti RCTI dan SCTV.


Pendekatan humanis dan humoris tanpa meninggalkan esensi fungsi dan tugas Polri seperti OVP ini bisa menjadi pijakan jika ingin melaksanakan inovasi. Tentu tidak sama persis mengadopsi OVP ala Satlantas Gresik ini, namun tidak berlebihan jika ini salah satu kegiatan yang bisa menginspirasi.

No comments:

Post a Comment