Tuesday 28 April 2015

Eksplore Gresik : Bukit Jamur & Gunung Kapur Sekapuk, Evolusi Lokasi Tambang menjadi Wisata Alam


Bukit Jamur di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

Tiga bulan belakangan, nama "Bukit Jamur" semakin melambung dan dikenal banyak orang. Pengaruh tayangan televisi memang berdampak sangat signifikan. Sejak dikunjungi oleh Vicky Nitinegro dan Hamis Daud pada bulan februari 2015 kemudian tayang dalam sebuah acara travelling bernama My Trip My Adventure, bisa dipastikan setiap hari minggu Bukit Jamur tidak pernah sepi pengunjung.

Bukit Jamur yang saat ini menjadi salah satu wisata alam potensial Kabupaten Gresik memang hanya dibuka untuk umum pada hari minggu. Jika dibuka setiap hari dikhawatirkan mengganggu kerja penambang kapur yang bekerja disekitar lokasi Bukit Jamur. Saat saya berkunjung kesana bulan februari lalu tempat wisata tersebut dikelola oleh karang taruna desa setempat. Bermodal 3ribu rupiah, anda sudah aman menitipkan motor dan masuk berfoto - foto dihamparan gunung kapur berbentuk jamur. 






Terletak di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik ini meski tidak berada di tengah kota namun akses menjangkaunya sangat mudah. Kira - kira hanya membutuhkan waktu setengah jam dari kota melewati kawasan industri manyar hingga keperempatan utama Bungah kemudian belok ke kiri sampai menemukan plang jalan kecil menuju lokasi tambang kapur kecamatan bungah. Disitu akan anda jumpai jalan kapur dengan pemandangan gunung kapur yang menjulang megah dihiasi hijaunya dedaunan yang indah.

Mau naik keatas sana harus antri dengan pengunjung lainnya

Bukit jamur bukan hamparan lahan yang ditumbuhi berbagai macam jamur, namun nama tersebut karena bentuk bukit - bukit kapur sisa tambang yang terkikis air hujan dan perubahan cuaca bertahun - tahun menjadi bukit - bunik unik seperti jamur. Yang menarik proses ini terjadi secara alami dan tidak ada campur tangan manusia dalam membentuknya menjadi demikian apalagi terpikirkan akan menjadi objek wisata.


Gunung Kapur Sekapuk Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik


Satu lagi lokasi tambang kapur unik yang kini juga mulai terkenal menjadi tujuan banyak orang, yaitu Gunung Kapur Sekapuk. Dari namanya saja jelas ini adalah Gunung Kapur yang juga merupakan lokasi tambang.  Tebing - tebing tinggi  putih menjulang dengan struktur detail dinding yang bernilai seni tinggi adalah daya tarik yang membuat anda akan terkagum sejenak memperhatikan pemandangan yang terhampar.


Bongkahan Kapur

Gunung kapur berbentuk gua akibat proses penambangan

Inilah batu - batu kapur yang sudah dipecah  oleh penambang

Kontras sekali ya kulitku sudah gosong dan berminyak setelah panas - panas dibanding batu kapur yang putihnya bersih dibelakang :D

Gunung kapur ini tepatnya terletak di Desa Sekapuk,  Kecamatan Ujung Pangkah, hanya beberapa kilometer dari Bukit Jamur. Jika anda sudah sampai di bukit jamur sayang sekali jika melewatkan berkunjung kesini. Memang keduanya adalah lokasi tambang kapur, namun dengan karakteristik yang sangat berbeda dan ini adalah salah satu bukti bahwa Tuhan itu pencipta terindah.

1 comment: